Tips obat alami atasi ayam cacingan

Tips obat alami atasi ayam cacingan

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak hewan yang kita pelihara mengalami gangguan baik itu penyakit ataupun gangguan hewan lain yang berada pada pencernaannya. Salah satu yang sering terjadi pada hewan adalah adanya serangan cacing. Cacing yang menyerang bukan saja cacing pita, bisa juga cacing kremi ataupun cacing tambang. Cacing ini merupakan salah satu musuh bagi peternak, terutama peternak ayam. Ayam yang cacingan akan sangat mengganggu yang menyebabkan produksi telur ( Bagi ayam petelur ) yang dihasilkan mengalami penurunan, sedangkan untuk ayam pedaging berat yang dihasilkan mengalami penurunan drastis. Apakah ada solusi mengatasi agar ayam tidak terkena cacingan. Obat alami apa yang bisa menyembuhkan ayam dari cacingan. Dua masalah itu yang sering jadi pertanyaan para peternak ayam jika ayam mengalami cacingan. 

Obat cacing untuk ayam
Sebenarnya banyak obat yang sudah terbukti khasiatnya dalam mengobati cacingan pada ayam. Anda bisa membelinya di toko-toko peternakan. Kalaupun anda menginginkan obat alami atau herbal dalam mengatasi ayam cacingan, anda bisa menggunakan pinang sebagai obatnya dan pengobatan ini telah terbukti mengobati ayam dari cacingan.

Ramuan pinang atasi Ayam cacingan
Untuk membuat ramuan herbal guna mengobati ayam cacingan cukup dengan biji pinang. Gerus setengah biji pinang hingga halus lalu campur dengan 10 ml air. Cekoki ayam terserang dengan ramuan itu lalu isolasi di kandang terpisah. Beberapa menit kemudian ayam akan mengeluarkan kotoran bercampur cacing. Riset oleh Muhammad Masyhur dari Universitas Muhammadiyah Malang membuktikan pemberian 40% biji pinang dalam air minum mampu menghentikan pertumbuhan cacing dan mengeluarkannya melalui kotoran.

Itulah tips mengatasi ayam cacingan dengan menggunakan obat alami yang bisa anda lakukan jika ayam anda mengalami gangguan pencernaan karena cacingan.

0 Response to "Tips obat alami atasi ayam cacingan"

Post a Comment