Tips mengatasi serangan bakteri pada ikan gurame

Tips mengatasi serangan bakteri pada ikan gurame

Basmi Bakteri Gurame - Siapa yang tak kenal dengan ikan gurame ( Sunda ) Gurami. Ikan ini selalu tampil dimenu menu restoran atau rumah makan dengan harga yang mahal. Wajar saja, disamping ikan ini cukup nikmat untuk disantap, dalam membudidayakan gurami ini tidak semudah bila kita membudidayakan ikan lele. Kendala-kendala dalam pemeliharaan ini yang membuat gurami menjadi ikan konsumsi yang mahal. Salah satu yang sering terjadi saat membudidayakan gurami adalah adanya serangan bakteri. Bakteri yang menyerang ikan gurami bisa mengakibatkan kematian sehingga perlu penanganan serius baik dalam melakukan pencegahan secara preventif maupun kuratif agar peternak gurami tidak mengalami kerugian. Hal yang sering ditanyakan oleh peternak ikan gurami adalah Obat apa yang bisa mengatasi atau membasmi bakteri pada gurami. Tips dibawah ini mungkin sangat berguna untuk anda selaku peternak atau yang sedang membudidayakan ikan gurame agar tidak terserang bakteri yang mematikan.

Ramuan alami Atasi bakteri pada gurami
Gurami Osphronemur gouramy rentan serangan penyakit mycobacteriosis atau tuberkulosis ikan. Tingkat serangan mencapai 60% dan dapat berujung kematian gurami. Hasil riset Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar, Bogor, Jawa Barat, menunjukkan ekstrak daun kipahit Picrasma javanica ampuh menghalau penyakit yang disebabkan bakteri Mycobacterium fortuitum itu. Caranya rendam ikan yang terinfeksi dalam ekstrak daun kipahit dengan konsentrasi 10.000 mg/l air selama 3 jam. Kandungan asiri dalam kipahit bersifat antibakteri.

Baca Juga : Obat Ampuh atasi koi herpes virus

Itulah tips mengatasi serangan bakteri pada ikan gurami yang bisa anda coba jikalau gurami anda mengalami serangan penyakit tersebut. Semoga bermanfaat

0 Response to "Tips mengatasi serangan bakteri pada ikan gurame"

Post a Comment